Kanal

Ingin Tampil di Event Olimpiade

PEKANBARU- R42 alias Rata, atlet Sepatu Roda Kota Pekanbaru, tampil memukau pada Kejuaraan Sepatu Roda Wali Kota Cup II 2022 di sirkuit Perkantoran Tenayan Raya, Pekanbaru, yang berakhir Minggu (27/11). 

Pemilik nama asli Humairah Fajri ini, sukses menggondol 3 medali perak di event bergengsi tersebut. 3 medali yang dibawa pulang tersebut masing-masing di kelas GP 3.000 meter speed putri, kelas 1.500 meter speed KUD putri, dan kelas 1.000 meter speed KUD putri. 

Dengan raihan tersebut, R42 kini sudah mengoleksi lebih 26 keping medali, terdiri dari medali emas, perak dan medali perunggu. 

"Syukur alhamdulillah, saya senang. Raihan medali ini sesuai target saya, meski target utamanya medali emas. Namun ini patut saya syukuri untuk modal event selanjutnya," papar R42, Selasa (29/11). 

Diceritakan siswi kelas 8 SMPN 4 Pekanbaru ini, 3 perak yang diraihnya ini tidak lah mudah. Meski baru empat tahun fokus di olahraga ini, dan sudah banyak mengenyam event-event resmi, namun banyak pesaing yang mumpuni di kelas yang diikutinya. Apalagi mereka punya jam terbang yang cukup tinggi. 

"Insya Alloh ini jadi motivasi saya ke depan. Target saya ke depan bisa tampil di Olimpiade. Terima kasih untuk para pelatih (Pelatih Andi Permana, Zidan, Wawan, Aryo, Wahyu), keluarga besar SMPN 4, ayah dan ibu, serta teman-teman yang mensupport selama ini," sebut dara 14 tahun ini lagi. 

Di balik kesuksesan bungsu empat bersaudara ini, ternyata disupport penuh oleh orangtuanya. Hal ini diakui Ayah R42, Fajri. Katanya, putri bungsunya ini memang bercita-cita ingin tampil di Olimpiade, mengikuti jejak para seniornya di Timnas. 

"Sampai hari ini, putri saya ini sudah banyak ikut event, bahkan lebih 8 kali event. Ada juga yang dapat emas, perunggu dan perak. Saat event di Pariaman Sumbar, sebenarnya berpeluang raih medali. Namun saat tanding, dia jatuh," paparnya. 

Bahkan dalam waktu dekat untuk meningkatkan prestasinya, R42 akan dikirim ke luar negeri secara mandiri, untuk mengikuti serangkaian TC di bawah gemblengan asuhan pelatih internasional. 

"Dia (R42) punya semangat tinggi berlatih. Dia ingin seperti atlet favoritnya Timnas Indonesia, Fara dari klub Monastana DKI Jakarta, dan dari luar negeri/Kolombia A Mulan. Kami selaku orangtua, pasti akan memfasilitasinya semaksimal mungkin," terangnya. 

R42 sendiri kini berlatih di dua tempat, yakni di Arena Sport Center Rumbai dan Perkantoran Tenayan Raya. Sejak umur 10 tahun, sampai sekarang dia terus berlatih kontineu demi menggapai mimpinya. R42 sempat bergabung dengan beberapa klub sepatu roda di Pekanbaru, namun kini dia berlatih mandiri alias freelance. 

Saat disinggung bagaimana dengan prestasi akademik di sekolah (SMPN 4), Fajri menyebutkan, bahwa prestasi anaknya di sekolah tidak tertinggal, bahkan masuk dalam sepuluh besar. 

"Apalagi dukungan SMPN 4, baik guru maupun Kepseknya sangat besar. Makanya kami sangat berterima kasih kepada semua guru SMPN 4," katanya. (Van) 

Bio data:
Nama: Humairah Fajri 
Panggilan: R42 alias Rara 
Umur: 14 Tahun 
Cita-cita : Ingin jadi Polisi
Sekolah: SMPN 4 Pekanbaru 
Orangtua: Fajri dan Neorika Velma Yusthi. 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER