Program Vaksinasi di Pekanbaru Dilanjutkan, Plt Kadiskes: 5000 vial Untuk Riau Sudah Datang

Jumat, 18 Juni 2021

Foto Plt Kadiskes Arnaldo Eka Putra

PEKANBARU, RajaRiau- Program vaksinasi nasional yang sempat terhenti di Kota Pekanbaru, segera akan dilanjutkan kembali. pasalnya ribuan vaksin kuota Riau, sudah on the way menuju Pekanbaru. 

'Informasinya, Kamis (17/6/2021) malam kemarin, sudah jalan dari Jakarta menuju Riau via darat sekitar 5000 vial vaksin covid-19. Diperkirakan Jumat (18/6/2021) sampai di Pekanbaru. Ini segera didistribusikan ke semua kabupaten/kota di Riau ini, termasuk Pekanbaru, "kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Arnaldo Eka Putra di Pekanbaru. 

Disebutkan Arnaldo, kejadian kehabisan stok vaksin ini tidak hanya terjadi di Pekanbaru Saja. Tapi di kabupaten/kota di Provinsi Riau lainnya, juga mengalami hal yang sama, vaksin menipis. Sehingga membuat laju percepatan pelaksanaan vaksinasi terganggu.

"Setelah sampai, yang sekitar 5000 vial itu, akan dikirim lagi pekan depannya sekitar 15 ribu vial lagi. Harapan kita, tentu segera sampai dan segera dilanjutkan vaksinasinya," paparnya. 

Disampaikannya, komitmen vaksin massal yang disaksikan langsung Presiden RI Jokowi, saat itu Provinsi Riau dan Pekanbaru peringkat satu nasional dan sampai saat ini masih tinggi. Saat itu Presiden menyebutkan, dari jumlah 50. 000 vial yang di berikan untuk dapatkan, dihabiskan dalam waktu dua minggu. 

"Tak sampai dua minggu vaksin habis, karena tingginya animo masyarakat Pekanbaru, " sebutnya lagi. 

Karenanya, Arnaldo berharap dengan sampainya vaksin ini, layanan kabupaten/kota, semua tempat yang disiapkan kembali akan dibuka. 

"Namun fokus masih menyelesaikan vaksinasi kedua gelombang pertama. Karena sudah ada yang jatuh tempo, meski tidak masalah, namun sebaiknya vaksin kedua itu tepat waktu dilakukan," terangnya. (van)