Riau Hatrick Juara Umum Porwil XI, Dr Ririn: Selamat, Ini Prestasi Prestisius

Rabu, 15 November 2023

Foto: Praktisi Olahraga Dr Ririn Handayani SIP MM

PEKANBARU- Provinsi Riau sukses mempertahankan predikat gelar juara umum, dalam ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI tahun 2023. Dengan demikian, Bumi Lancang Kuning sudah tiga kali juara umum berturut-turut alias hattrick, di kancah event olahraga se-Sumatera ini.

Diketahui, Porwil Sumatera XI ini sendiri, resmi ditutup oleh Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution, di Halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (14/11/2023) malam. 

Keberhasilan Riau selalu tuan rumah ini mendapat apresiasi tinggi, dari praktis olahraga Riau, yang juga Dosen Magister Manajemen Unilak, Dr Ririn Handayani SIP MM. 

Disampaikan bahwa prestasi yang diraih atlet produk asli Bumi Lancang Kuning ini, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kerja keras, latihan, plus dukungan orangtua, pemerintah dan segenap masyarakat Riau.

"Selamat, ini prestasi yang sangat prestisius. Perlu mendapat perhatian dari pemerintah, serta semua pihak, agar bisa lebih meningkatkan daya juang para pahlawan olahraga ini," kata Ririn Handayani, kepada wartawan, Rabu (15/11/2023).

Tak sampai di sini, perempuan bergelar doktor ini meminta, agar para atlet yang sudah dipastikan mendapat tiket berlaga di PON Sumut Aceh 2024 nanti, bisa lebih mempersiapkan diri.

Mumpung masih ada waktu jelang helat pesta olahraga terakbar se-Indonesia tersebut, para atlet harus lebih giat berlatih, serta menghindari hal-hal negatif yang nantinya bisa merugikan diri sendiri.

"Raih medali sebanyak-banyaknya di PON 2024 nanti. Paling tidak Riau bisa masuk lima besar nasional. Kami yakin, dengan prestasi dan skuad atlet yang ada sekarang," sebutnya yakin.

Lebih dari itu, Ririn Handayani yang juga aktif di dunia olahraga ini meminta, agar KONI Riau bisa lebih mempersiapkan atlet-atlet andalannya dari sekarang.

"Persiapannya, mulai dari melakukan TC berjalan, try out di dalam dan luar negeri, plus TC penuh. Tentu ini harus didukung anggaran dari Pemprov Riau. Kita mensupport ini, agar terealisasi," pintanya.

Pada Porwil Sumatera tahun 2023 ini, Riau berhasil mendapatkan 95 medali. Terdiri 41 medali emas, 21 medali perak dan 33 medali perunggu.

Posisi runner up, milik Bangka Belitung, dengan koleksi 31 emas, 21 perak dan 28 perunggu. Untuk peringkat ketiga diraih Provinsi Sumbar dengan 22 emas, 36 perak dan 24 perunggu.

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, menyampaikan rasa syukurnya terhadap hasil pelaksanaan Porwil Sumatera XI di Provinsi Riau. Dalam perjalanannya Porwil di Riau telah berjalan dengan sukses dan lancar, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi.

Pelaksanaan Porwil ini mempertandingkan 10 cabor, di dua daerah, Kampar dan Pekanbaru. ***